Dibalik Denda 4.8 Milyar

Dibalik Denda 4,8 Milyar

Kesalahan Apa yang dibuat sebuah Perusahaan Konstruksi di US hingga harus membayar Denda sebesar $US 539,000 (setara 4,8 Milyar Rupiah) ?

scaffolding1

$US 539,000 senilai dengan Rp 4,851,000,000.00, wah 4 milyar bukan angka yang sedikit. Tapi sebuah perusahaan Konstruksi di Amerika sana harus membayar denda kepada OHSA sebesar 4 milyar tersebut. Memang kesalahan apa yang sudah dilakukan perusahaan tersebut ?.
Setelah melakukan penyelidikan, OHSA terhadap jatuhnya seorang pekerja dari ketinggian 40 kaki hingga tewas, menyimpulkan bahwa perusahaan konstruksi yang tengah menggarap proyek di daerah Washington tersebut , bersalah dalam dua hal yaitu:

? Tidak memberikan Pelatihan K3 atau Safety Induction kepada pekerja baru yang ditugaskan untuk bekerja di ketinggian.

? Tidak memberikan fasilitas keselamatan kerja yang cukup seperti full body harness, dan kelengkapan lainnya untuk mencegah terjadinya bahaya.

Tidak heran ketika tim Lorco yang kini tengah menangani proses pembuatan Safety Induction Video sebagai salah satu sarana praktis dan efektif dalam menyampaikan pesan pesan/ induksi K3, menemukan bahwa setiap petugas safety begitu sangat menekankan dan meningkatkan intensitas penyampain pesan pesan safety untuk pekerja yang bekerja di ketinggian melalui media Safety Sign, Poster, Spanduk, bahkan Safety Induction Video khusus yang membahas masalah Instruksi Standar dalam bekerja di ketinggian.

Tetap waspada dan seberapa milyar uang yang ada tidak bisa mengganti jiwa yang terenggut akibat kecelakaan di lingkungan kerja.

Salam Safety?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s